Noryangjin Fish Market

Noryangjin Fish Market

Karena lagi malem tahun baru, dan jadi keinget masa jalan2 di Korea Selatan pada awal tahun ini, aku pengen nge-share beberapa post tentang waktu aku lagi jalan2 sama istriku di sana.

Korea selatan beneran identik dengan seafood, karena senegara Korea beneran dikelilingi laut dari atas ke bawah. Orang Korea juga terkenal makan macam2, dan fishmarket itu merupakan salah satu tempat yang paling menunjukkan rasa adventurousnya itu.

Istriku dulu kuliah di China selama 4 tahun, dan pas tahun pertamanya dia di kota Hainan. Pas disitu, dia temenan sama banyak orang korea, dan yang ajak kita makan disini adalah si Jinyoung, salah satu temen Hainannya. Pas pertama nyampe, jujur ya aku agak kaget, karena dari luar mirip tempat parkir. Pas turun tangga yang bau amis, akhirnya nongol banyak tempat yang jual ikan.

Salah satu stall yang jual ikan

Yang lucu di korea, yang mungkin buat kebanyakan orang indo bisa dianggep normal adalah di Fish Market Asia, orang ke bagian yang jual ikan dulu, baru ke restoran buat dimasak. Di Sydney Fish Markets, biasa orang antara beli ikan mentah buat bawa pulang, atau duduk n makan di pinggir laut. Gaada konsep belanja terus belanjaannya di masakin.

Bagian yang kita pergi kayaknya agak beda ama bagian turis, soalnya yang aku liat d foto2 temen di insta pada d tempat putih bersih, padahal kemaren kita perginya beneran kyk tempat parkir. TAPI JANGAN SALAH! Aku justru suka yang orang lokalnya pada lakuin, jadi bau amisnya n rasa gelepnya pas kesana beneran bikin aku berasa kyk orang Korea hahaha.

Nah, ikannya. Waktu masih di Korea aku uplod fotonya, dan ini namanya ‘Gaebul’, atau dalam bahasa inggris ‘Penis Fish’ (ikan penis). Harus jelasin ga ya kenapa namanya itu? Aku ga berani makan karena pada bilang cara makannya itu potong pas masih idup n makan kyk sashimi.. Ngapain ya? Berarti rasa cocolan doang. Bingung deh, tapi katanya bagus buat ‘libido cowo’. Tau deh… mungkin next time aku bakalan coba haha..


Abis muter2 bentar, dan si Jinyoung pilihin makanan yang biasa dia makan. Kita nyari tempat buat makan.

Restorannya bersih, dan rame banget. Pelayanannya cepet, pas duduk udah langsung dikasi minum, terus sebentar lagi abis itu makanannya udah keluar. Yang kita makan terdiri dariiii:

1. Sashimi


Sashimi platternya udah siap di bagian jual ikan, dan ada beberapa ikan yang sudah dipotong sashimi – ikan salmon, ikan kakap, ikan tuna sama ikan kingfish. Aku paling suka ikan yang berdaging putih kalau dimakan sashimi, karena rasa ikannya lumayan kuat, tapi menurut aku gak manis. Nah, bedanya ama sashimi Jepang, orang Korea cocolin ke minyak wijen dan sambel gochujang. Itu beneran bikin rasanya beda banget, dan menurut aku ngga gt overpowering. Ini must try ya.

2. Gurita Hidup

Ada kesempatan buat makan, dan aku ambil kesempatannya. Ini short and sweet ya – kaki guritanya dipotong pas masih idup, dan di-piring-in langsung pas masih gerak2… Jujur ya, aku takut sebelum makan karena mkir bakalan amis ato idup banget, tapi pas dimakan, kakinya cuman nempel bentar doang ama lidah, dan rasanya manis!!! manis loh manis… aku doyan banget!!!!!
3. Sup ikan

Ya ini lah sup ikan. Begitu lah, enak pake lobak n sayur2an… susah dijelasin. Pedes, rasa ikan, n gurih. Enak.

Kalau ada waktu Noryangjin itu harus dikunjungi ya guys kalau lagi di Korsel. Gaada yang mirip ini dimana pun!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s