Jjimjilbang | Sauna/pemandian umum korea

Kalau lagi jalan-jalan di Korea, ada beberapa pengalaman yang wajib dialami – makan di pasar ikan, foto di istana2 jadul, Karaoke, makan di MyeongDong kalau di Seoul, dan tentu saja pergi ke Jjimjilbang. Post ini bakal ngejelasin pengalamanku di 2 Jjimjilbang terkenal di Seoul dan Busan, serta kasitau cara

Kata Jjimjilbang itu dari kata ‘Jjimjil’, yang berarti hangat, dan ‘bang’, yaitu kamar. Jjimjilbang merupakan salah satu destinasi favorit buat hamper semua rakyat Korea. Pas musim libur, keluarga pada ska ke jjimjilbang buat nikmatin makanan yg khas, serta rebahan di ruangan hangat sambil santai2. Biasanya ada banyak fasilitas, seperti ruangan karaoke, restoran, sauna, tempat main billyard, penginepan dll.

Aku pribadi bener2 suka banget ke tempat beginian, dan lama2 bakal keliatan di blogku karena stiap kali aku libur ke Negara asia aku PASTI ke tempat mandi air panas. Rasa ‘komunal’nya itu loh, gausah stres, gaada yang lagi mkir siapa yg lebih oke ngga, beneran bisa pergi sesama temen tanpa harus pikirin apa2, dan bener2 bisa NYANTE total.

Cara memakai Jjimjilbang:

  1. Pas ke kasier, bakal dikasi gelang yang buat bayar yang bisa dipakai di dalam buat buka loker sepatu, baju, dan beliin segala minum pas di dalam. Pas di dalam gabisa pake uang tunai.
  2. Masuk ke bagian loker sepatu. Sebelum bisa kemana2, wajib buka sepatu dan simpen di loker.
  3. Masuk ke bagian loker baju. Nah, ini pasti bakal jadi bagian paling menggelisahkan buat orang indo (dan kebanyakan bule). Pas nyampe bagian sini harus buka baju dan simpen di loker, terus masuk ke bagian bathhouse. Semua bajunya harus dibuka, dan wajib masuk ke bathhouse telanjang. Pasti gelisah ya guys, grogi ato apa, tapi buat orang korea ini NORMAL. Cewe cowo terpisah, jadi gausah takut keliatan di depan lawan jenis. Bagian ini justru sebagian dari pengalamannya. Ramenya tergantung lokasi dan popularitas (nanti bakal jelas di bawah), serta ada berapa banyak turis yang kunjungi jjimjilbangnya, tapi plis jangan takut!
  4. Sebelum bisa masuk ke bath-nya, atau kalau-pun mau lewatin bagian rendem2, setiap orang wajib mandi dulu. Sudah disiapin handuk buat luluran kalau kepingin, dan biasa ada pilihan mandi duduk ama mandi biasa. (kalau mau pengalaman khasnya ya pilih yg duduk). Kata temen baikku Junghyun, biasa temen2 pada duduk bareng di bagian mandi dan saling lulurin punggung.
  5. Bagian perendeman/sauna – biasa di samping mandinya ada beberapa bak rendem yg bermacam2 suhu, dari 38 ke kadang ada 60 derajat. Bagi pemula, mending mulai di yang 38 ya. Lagi pula ada sauna, baik yang steam sama yang kering. Aku pribadi suka banget ama bagian sauna sama perendeman ini, mungkin karena turunan Jerman kali ya? mirip2 haha.
  6. Setelah mandi, masuk ke bagian loker lagi dan nyari orang yang kasi baju. Setiap orang di jjimjilbang wajib make baju yang sama, jadi jangan malu2 haha.
  7. Naik ke bagian jjimjilbang dan nikmatin segala fasilitas!!

Pas jalan2 ke Korea bulan April kemaren, aku dan istriku ke dua jjimjilbang, satu di Seoul dan satu di Busan.

  1. Spaland Itaewon – Seoul – 3/5

Abis kehujanan dan nungguin temen, aku dan istriku milih jalan ke Jjimjilbang sendiri ke Spaland. Kalau gugel jjimjilbang2 di Seoul, ini salah satu yang pertama nongol abis Dragon Spa dan Siloam. Tempatnya gak susah ditemuin, dan ada tanda gede banget di depan.

aku sama istrikuuu~~~

Dari penjelasannya online aku kebayang tempatnya bakal gede n rame banget.. tapi pas masuk sepiii bener. Abis bayar, aku sama istriku pisah dan aku masuk ke bagian mandi. Paling ada 3 orang, semuanya bersih dan rapi, terus aku mandi dan mule rendem. Cuman ada 3 bak yang ada isinya, sisanya kosong. Terus ada juga satu steam sauna, tapi aku agak bingung gimana cara pakenya.. rasanya malah dingin.. Sebelum kita pergi aku coba masuk lagi karna aku mikir sayang kalau ngga pake sauna, terus ternyata ada orang india yang sempet nyalain dan enakk! Malah jadi temenan sama dia, jadi ngobrol 20menitan haha.

wajib selfie ama temen baruku Harish!!

Abis mandi aku naek terus ketemuan ama istriku, terus kita boboan di lantai hangat! Pas nyampe lante atas, istriku dah sempet beli sikhye – minuman beras manis gt, enakkk – sama telur rebus khas jjimjilbang! Yang aku sadar disini, hamper semua orang yang ada tuh orang luar… gaada orang lokalnya. Pengalamannya sih ok, tapi berasa kurang khas karena gaada orang lokal. Meskipun begitu, karena banyak orang luar itu berarti orang staffnya bisa ngmg bahasa inggris!

 

Sikhye dan telur rebus!

2. Busan –  NongShim Hotel – Busan – 5/5

enaknya lgsg kena matahari dri luar | foto dri gugel

Waktu di Busan kita lagi jalan2 ama salah satu temen baikku si Junghyun, dan biasa pas ketemuan kita slalu sempetin waktu buat ke jjimjilbang. Kali ini kita ke Nongshim Hotel, yang ternyata di daerah ‘Spa’ yang di Busan utara – Oncheon-dong. Pas baru nyampe, aku bingung kok sepi amat ya jalanannya? Emang kita kesana pas libur ‘parents day’, jadi senegara lagi libur.. tapi kok sepi ya? Haddddoh! Aku salah bener. Pas masuk, kita naik eskalator terus mule jadi agak rame, terus pas aku sama Junghyun masuk ke bagian perendeman dan astaga… ada 500 orang kali! RAME BANGET! Jangan lupa ya guys aku bule, jadi mau ga mau aku yang paling diliatin setempat karena jjimjilbang ini orang lokal punya… gaada seorang luar pun kecuali aku! Aku sih bodo amat ya, kaga peduli apalagi sama junghyun jdi tinggal ngbrl aja ama dia.. cmn ini tempat lakuuuuuuu abis! Dan kalau malu JANGAN skip bagian perendeman disini. Meskipun telanjang, ada bagian main catur, ada bak yang diluar (ENAK BANGET!  – dingin2 di luar terus di bak isi teh ijo beneran luar biasa pengalamannya), terus di dalam ada goa2an dll. Tolong pastikan tempat ini dikunjungin ya? Gak terlupakan!

ini tempat nyende n maen catur d bagian perendeman | foto dri gugel

Abis mungkin 45menitan di situ, aku sama Junghyun ketemuan ama Karina dan cewenya Junghyun terus kongkow di bagian Jjimjilnya. Resto dan fasilitasnya lengkap, dan suasananya cocok buat temen2 sama kalau mo pergi sekeluarga. Ini unik banget pengalamannya.

 

aku sama junghyun abis dipakein anduk domba hahahaha

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s